Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka Materi Bangun Ruang

Isi Artikel Utama

Lela Monicha
Munadi
Eleonora Dwi Wahyuningsih

Abstrak

Literasi numerasi adalah kemampuan dalam menerapkan ilmu matematika untuk di gunakan di kehidupan sahari-hari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menumbuh kembangkan literasi numerasi peserta didik dalam soal terbuka dan mendeskripskan bagaimana literasi numerasi peserta didik dalam menyelesaikan soal terbuka. Subjek penelitian ini yaitu 24 peserta didik kelas V SDN Kemantran 01. Tiga indikator kemampuan literasi numerasi yaitu (1) Menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang berkaitan dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah matematika di kehidupan sehari-hari, (2) Menganalisis informasi yang ditampilkan dalam bentuk grafik, tabel, gambar, bagan, dan lain sebagainya, (3) Menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles