Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka Materi Bangun Ruang
Main Article Content
Abstract
Literasi numerasi adalah kemampuan dalam menerapkan ilmu matematika untuk di gunakan di kehidupan sahari-hari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menumbuh kembangkan literasi numerasi peserta didik dalam soal terbuka dan mendeskripskan bagaimana literasi numerasi peserta didik dalam menyelesaikan soal terbuka. Subjek penelitian ini yaitu 24 peserta didik kelas V SDN Kemantran 01. Tiga indikator kemampuan literasi numerasi yaitu (1) Menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang berkaitan dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah matematika di kehidupan sehari-hari, (2) Menganalisis informasi yang ditampilkan dalam bentuk grafik, tabel, gambar, bagan, dan lain sebagainya, (3) Menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan.