PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBANTU MEDIA BELAJAR ZOOM MEETING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII

Isi Artikel Utama

Dewi Ayu Fitriyana

Abstrak

Terjadinya pandemi Covid-19 menyebabkan penutupan sekolah dan pemerintah mengeluarkan


kebijakan baru yaitu menetapkan sistem daring (pembelajaran dalam jaringan) yang dilakukan di


rumah masing-masing. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring banyak peserta didik yang


kurang pemahaman terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Peneliti menggunakan


berbantu media belajar Zoom Meeting untuk mengetahui pengaruh dan keefektifan terhadap


prestasi belajar siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif


eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi


Experimental Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta


didik SMP kelas VIII. Dalam penelitian ini pengambilan sampling dilakukan dengan sampling


purposive karena penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, kelas yang diambil sebagai


sampel adalah dua kelas masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan


pertimbangan kedua kelas tersebut sudah mencapai materi pokok yang sama. Teknik analisi data


yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji homogenitas, uji normalitas dan uji


t (t-test).

Rincian Artikel

Bagian
Articles