PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBANTU MEDIA BELAJAR ZOOM MEETING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII
Main Article Content
Abstract
Terjadinya pandemi Covid-19 menyebabkan penutupan sekolah dan pemerintah mengeluarkan
kebijakan baru yaitu menetapkan sistem daring (pembelajaran dalam jaringan) yang dilakukan di
rumah masing-masing. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring banyak peserta didik yang
kurang pemahaman terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Peneliti menggunakan
berbantu media belajar Zoom Meeting untuk mengetahui pengaruh dan keefektifan terhadap
prestasi belajar siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi
Experimental Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta
didik SMP kelas VIII. Dalam penelitian ini pengambilan sampling dilakukan dengan sampling
purposive karena penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, kelas yang diambil sebagai
sampel adalah dua kelas masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan
pertimbangan kedua kelas tersebut sudah mencapai materi pokok yang sama. Teknik analisi data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji homogenitas, uji normalitas dan uji
t (t-test).