identifikasi konsep matematika pada aksesoris kandaure toraja
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep matematika yang ada pada aksesoris kandaure Toraja dimana hasil dari penelitian tersebut dapat digunakan sebagai materi pendukung dalam pembelajaran matematika di sekolah maupun di universitas khususnya pada mata kuliah Etnomatematika. Penelitain ini merupakan jenis penelitian kualitatif karena menghasilkan data deskriptif seabagai hasil dari penelitian yang dilakukan. Dalam penelitian ini, peneliti mengacu pada pandangan Bishop untuk mengidentifikasi konsep matematika yang ada pada aksesoris kandaure Toraja. Penelitian ini dilakukan di kelurahan Angin-angin, kecamatan kesu’, kabupaten Toraja Utara dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisis data model Miles dan Huberman yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Dan keabsahan hasil penelitian menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwah pada aksesoris kandaure Toraja mengandung konsep matematika yang meliputi konsep geometri bangun datar, konsep perhitungan, pengukuran, perbandingan, geometri, serta konsep transformasi bangun datar. Dengan demikian aksesoris kandaure dapat dijadikan bahan dalam pembelajaran matematika di sekolah maupun di universitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep matematika yang ada pada aksesoris kandaure Toraja dimana hasil dari penelitian tersebut dapat digunakan sebagai materi pendukung dalam pembelajaran matematika di sekolah maupun di universitas khususnya pada mata kuliah Etnomatematika. Penelitain ini merupakan jenis penelitian kualitatif karena menghasilkan data deskriptif seabagai hasil dari penelitian yang dilakukan. Dalam penelitian ini, peneliti mengacu pada pandangan Bishop untuk mengidentifikasi konsep matematika yang ada pada aksesoris kandaure Toraja. Penelitian ini dilakukan di kelurahan Angin-angin, kecamatan kesu’, kabupaten Toraja Utara dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisis data model Miles dan Huberman yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Dan keabsahan hasil penelitian menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwah pada aksesoris kandaure Toraja mengandung konsep matematika yang meliputi konsep geometri bangun datar, konsep perhitungan, pengukuran, perbandingan, geometri, serta konsep transformasi bangun datar. Dengan demikian aksesoris kandaure dapat dijadikan bahan dalam pembelajaran matematika di sekolah maupun di universitas.