Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Materi Perbandingan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendekatan kontekstual merupakan salah satu taktik pembelajaran guru yang melibatkan siswa secara penuh dalam menempatkan subjek yang dipelajari dan menghubungkannya dengan dunia nyata siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dilaksanakan, serta aktivitas siswa dan hasil belajar. Pendekatan kontekstual sebagai variabel bebas dan bahan pembanding sebagai variabel terikat merupakan dua variabel dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 23 siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Balusu. Dalam penelitian ini, pengumpulan data menggunakan lembar observasi, pre-test, dan post-test. Tes esai dengan lima item digunakan dalam penelitian ini sebagai instrumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metodologi deskriptif. (1) Pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai dilaksanakan dengan baik ketika pembelajaran kontekstual digunakan. Hal ini dibuktikan dengan 4.05. skor rata-rata yang diperoleh dari empat kali pertemuan. (2) Aktivitas siswa ketika pembelajaran kontekstual digunakan menunjukkan bahwa proporsi keseluruhan melebihi 75% dan termasuk dalam kategori aktif. (3) Penerapan pendekatan kontekstual isi perbandingan menghasilkan hasil belajar siswa yang baik, dibuktikan dengan nilai rata-rata 76,35.
Kata kunci: Bahan Pembanding; pendekatan kontekstual