Penggunaan Catatan Komunitas Studygram sebagai Media Belajar Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa

Isi Artikel Utama

Anis Solati Siyam Faridah
Ponoharjo
Ahmadi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan media belajar dari catatan komunitas studygram pelajaran matematika materi trigonometri ditinjau dari gaya belajar yang dimiliki siswa.


Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 6 siswa dari kelas X BDP 3 SMKN 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria 1) siswa yang telah mengisi angket gaya belajar 2) 2 (dua) siswa yang mendapat rangking tertinggi di gaya belajarnya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Analisis data dengan reduksi data, display data, dan verifikasi/kesimpulan.


Hasil penelitian menyatakan bahwa siswa gaya belajar visual memenuhi 5 indikator penggunaan media belajar siswa, yaitu : 1) meningkatkan keefektifan dan efisiensi pembelajaran, 2) meningkatkan gairah belajar siswa, 3) meningkatkan minat dan motivasi belajar, 4) mengatasi modalitas belajar siswa yang beragam, 5) meningkatkan kualitas pembelajaran. Siswa gaya belajar auditorial memenuhi 5 indikator penggunaan media belajar siswa yang sama dengan gaya belajar visual. Dan  siswa gaya belajar kinestetik memenuhi 4 indikator penggunaan media belajar siswa, yaitu : 1) memudahkan penyampaian pesan, 2) membuat pembelajaran lebih menarik, 3) meningkatkan keefektifan dan efisiensi pembelajaran, dan 4) meningkatkan kualitas pembelajaran.

Rincian Artikel

Bagian
Articles