Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Kata kunci: Kemampuan Numerasi, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
Penelitian ini bertujuan untuk : untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi peserta didik dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V A Semester Genap SDN Kemantran 01 Tahun Ajaran 2021/2022. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dari nilai tes kemampuan literasi numerasi sebanyak 6 subjek yaitu masing-masing 2 subjek dengan kemampuan literasi numerasi tinggi, 2 subjek dengan kemampuan literasi numerasi sedang dan 2 subjek dengan kemampuan literasi numerasi rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Indikator kemampuan literasi numerasi yang digunakan yaitu menurut Han, W., Santoso & dkk, (2017) yang terdiri dari (1) Menggunakan berbagai macam angka dan symbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari. (2) Menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram, dan lain sebagainya). (3) Menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Berdasarkan analisis hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Kemampuan literasi numerasi tinggi memenuhi indikator (1),(2), dan (3), Kemampuan lietrasi sedang memenuhi indikator (1),(2), dan kemampuan literasi numerasi rendah dapat memenuhi indikator (1). Dengan hasil penelitian dari 22 peserta didik ada 4 peserta didik kategori literasi numerasi tinggi, 14 peserta didik kategori sedang, dan 4 peserta didik kategori rendah.