Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Isi Artikel Utama

Sri Widiyanti
Munadi Munadi
M. Shaefur Rokhman M. Shaefur Rokhman

Abstrak

Literasi numerasi sangat penting dan dibutuhkan dalam kehidupan Sehari-hari. Pada semua jenjang pendidikan saat ini mulai diterapkan dengan kemampuan literasi numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas V tingkat Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen tes terdiri dari 5 soal literasi numerasi. tes dilaksanakan untuk mengkategorikan kemampuan literasi yang dimiliki peserta didik. Selanjutnya dilakukan proses wawancara. Wawancara dilakukan secara langsung antara peneliti dengan peserta didik. Subjek yang akan diwawancara dipilih menggunakan teknik purposive sampling.  Berdasarkan hasil penelitian Dari 21 peserta didik yang melakukan tes dan wawancara sebanyak 4 peserta didik memiliki kemampuan literasi numerasi tingkat tinggi, 12 peserta didik memiliki kemampuan literasi numerasi sedang dan sisanya memiliki kemampuan literasi numerasi rendah sebanyak 5 peserta didik.

Rincian Artikel

Bagian
Articles