PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMPN 1 BASO

Isi Artikel Utama

Melia Roza

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dibanding siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas tujuh di SMPN 1 Baso. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Randomized control group only design. Populasi penelitian adalah siswa kelas tujuh SMPN 1 Baso yang terbagi atas tujuh kelas dengan jumlah siswa 138 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 orang siswa dan siswa kelas VII2 sebagai kelas kontrol sebanyak 20 orang siswa yang diambil melalui simple random sampling.  Instrumen penelitian adalah tes akhir berupa soal essay berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil tes akhir akan digunakan untuk uji hipotesis dengan uji-t dengan a = 0,05 dan dk = 36. Analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen lebih tinggi bila dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran inkuiri lebih baik dibandingkan siswa dengan model pembelajaran konvensional

Rincian Artikel

Bagian
Articles