Pemahaman Konsep Matematika dalam Pembelajaran Matematika

Isi Artikel Utama

Mayang Rizki Purnaningtyas
M. Shaefur Rokhman
Paridjo

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif eksploratif dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gandasuli 02 Brebes Tahun Ajaran 2021/2022 pada kelas V. sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes  kemampuan pemahaman konsep matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa secara keseluruhan berada pada kategori baik dengan rincian pada kategori sangat baik sebanyak 16,67%, kategori baik sebanyak 60%, dan kategori cukup sebanyak 23,33%. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dilihat dari indikator yang tercapai sebagai berikut: (1) indikator yang memiliki kecenderungan paling baik adalah indikator ke 2 dengan nilai rerata 2,7 dari skala 3; (2) indikator yang memiliki kecenderungan paling buruk adalah indikator ke 5 dengan nilai rerata 2 dari skala 4; (3) indikator yang lain berada pada kategori baik dan cukup dilihat dari nilai rerata terhadap skala idealnya.

Rincian Artikel

Bagian
Articles