KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 5 yang mengikuti Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dengan jumlah 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam mengukur kemampuan berpikir kreatif adalah tes uraian sebanyak 7 soal sesuai dengan indikator berpikir kreatif. hasil penelitian dan pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kreatif di SDN Gandasuli 02 Brebes sebanyak 16% kategori tinggi, 60% kategori sedang, dan 23,3% kategori rendah. Untuk kemampuan berpikir kreatif tiap indikator, didapatkan indikator kelancaran (fluency) dan elaborasi termasuk kategori tinggi serta keluwesan (flexibility) dan keaslian (originality) termasuk kategori rendah.