Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Strategi Mnemonic Pada Peserta Didik SMP Kelas VIII

Isi Artikel Utama

Nur Amalia Hasanah
Paridjo
Mohammad Shaefur Rokhman

Abstrak

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika melalui strategi mnemonic pada peserta didik SMP kelas VIII. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 3 kelompok kelas, yaitu kelas kontrol, kelas eksperimen, dan kelas uji coba. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa test uraian sebanyak 5 soal yang telah diuji di kelas uji coba yang kemudian di uji validitasnya. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post-test-Only Control Design. Hasil dari prestasi belajar matematika peserta didik yang di ambil dari nilai PAS Semester 1 dengan presentasi 70%, kemudian saat diberikan Post-test prestasi belajar matematika peserta didik yang melampaui KKM mencapai target 75% atau lebih. Sehingga, hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar matematika melalui strategi mnemonic pada peserta didik SMP kelas VIII.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Nur Amalia Hasanah, Universitas Pancasakti Tegal

Pendidikan Matematika