EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) TIPE QUIZ TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI DALIL PHYTAGORAS DIKELAS VIII SMP

Isi Artikel Utama

Aulia Syafira

Abstrak

Proses pembelajaran akan lebih berhasil bila peserta didik turut aktif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Active Learning menjadi suatu hal yang dianggap dapat meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dalam pembelajaran matematika pada materi dalil phytagoras dengan penggunaan model pembelajaran aktif (active learning) tipe quiz team terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMP. Berdasarkan fenomena yang diperoleh dari peneliti terdahulu bahwa masih banyak siswa yangtampak pasif dan belum berani mengajukan pendapat baik kepada sesama teman maupun langsung kepada guru sehingga proses pembelajaran dan hasil belajar siswa masih rendah, karena factor keaktifan siswa berpengaruh dalam hasil belajar serta proses pembelajaran sebagai pendorong untuk memiliki kekuatan agar melakukan kegiatan belajar penuh semangat. Selain keaktifan siswa, salah satu upaya agar pembelajaran berlangsung dengan baik dan meningkatnya hasil belajar adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan menantang dengan penggunaan model pembelajaran quiz team yaitu metode pembelajaran aktif.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif  yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control dengan Desain Quasi Exsperimental  Pretest Posttest Non equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMP dengan penggunaan metode pembelajaran quiz team. Sehingga dapat disimpulkan ada keefektifan model pembelajaran aktif (Active Learning) Tipe Quiz Team terhadap hasil belajar dalam pembelajaran matematika  pada materi dalil phytagoras dikelas VIII SMP dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran ceramah.

Rincian Artikel

Bagian
Articles