PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA POKOK MATERI PECAHAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VII pada pokok materi pecahan di SMP N 2 Ketanggungan. Desain penelitian yang akan digunakan adalah True Eksperimental Design bentuk Pretest – Posttest Control Group Design dengan alasan bahwa dalam penelitian ini akan dilaksanakan pada dua sampel, yaitu satu kelas eksperimental dan satu kelas kontrol. Pada desain penelitian ini kelas eksperimen maupun kelas control dipilih dipilih secara random. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan observasi, serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pada penelitian ini kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas control akan diberikan pretest dan posstest dengan menggunakan media video pembelajaran. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t menyatakan bahwa hasil perhitungan uji hipotesis pada data posttest tersebut diperoleh hasil analisis data independent sampel test sig. (2.Tailed) nilai sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tariff signifikansi 0,05 yang berarti bahwa ada hasil belajar dengan demikan H1 diterima melalui penggunaan media video pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar peserta didik kelas VII pada pokok materi pecahan di SMP N 2 Ketanggungan.
Kata kunci : Media Pembelajaran; Video Pembelajaran ; Prestasi Belajar ; Pecahan