Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together dan Student Team Achievement Hasil Belajar Matematika Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together dan Student Team Achievement Hasil Belajar Matematika
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pelajaran matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang membosankan, tidak menarik, menakutkan dan sulit untuk dimengerti. Sehingga penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika, dengan menggunakan desain penelitian posttest only control design yaitu pengontrolan secara acak dengan tes hanya diakhir perlakuan. Pengumpulan data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Subjek yang akan digunakan adalah kelas IV A dan IV B. Dimana kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran STAD dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran NHT. Data yang diuji adalah hasil be;ajar matematika, dengan uji hipotesis menggunakan uji t. dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan uji hipotesis yang dilakukan di kelas eksperimen dan dikelas kontrol, maka didapatkan thitung adalah 1,85 dengan ttabel adalah 1,670 sehingga dapat ditulis thitung > ttabel (1,85 > 1,670) yang dapat diartikan H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan perhitungan, dapat disimpulkan ada pengaruh yang lebih signifikan pada penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu teknik berhitung jarimatika daripada model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran matematika.