Pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantu Alat Peraga Papan Statistika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Bahasan Ukuran Pemusatan Data Di Kelas VIII SD

Isi Artikel Utama

Lulu Finisa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share berbantu alat peraga papan statistika terhadap hasil belajar siswa pada sub bahasan ukuran pemusatan data di kelas VIII SMP antara kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran think pair share berbantu alat peraga papan statistika dengan kelompok yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design dengan teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Warureja Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 325 siswa. Desain penelitian mengambil dua kelompok subjek dari populasi meliputi kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dan kelompok kontrol. Dimana kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Pada kelompok kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran think pair share berbantu alat peraga papan statistika sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t, dengan uji prasyarat analisisnya menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.

Rincian Artikel

Bagian
Articles