EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI GOOGLE MEET DAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DETERMINAN DAN INVERS MATRIKS KELAS XI DI SMA N 1 KRAMAT
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui efektivitas penggunaan Google Meet dan Google Classrom dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada materi Determinan dan Invers Matriks kelas XI di SMA N 1 Kramat. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, karena objek akan diberikan perlakuan khusus terkait model pembelajaran yang akan mereka dapatkan. Desain penelitian yang akan digunakan adalah True Eksperimental Design bentuk Pretest – Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 2022. Pengambilan sampel penelitian ini yaitu menggunakan teknik cluster simple random sampling dengan kelas kontrol sebanyak 30 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 30 siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil ulangan harian setelah pembelajaran. Data kemudian diolah dengan uji perbedaan rata-rata menggunakan uji Independent Samples t-test pada software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.041 < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media Google Meet dengan kelas yang tidak menggunakan media Google Meet, sehingga pembelajaran matematika dengan menggunakan media aplikasi Google Meet cukup efektif jika ditinjau dari hasil belajar siswa.