Kemampuan Literasi Matematis dengan Media Komik Matematika
Isi Artikel Utama
Abstrak
Literasi matematis sangat penting bagi peserta didik di era ini. Faktor pengaruh dalam capaian literasi matematis di Indonesia adalah personal, instruksional, dan lingkungan. Dalam penelitian ini faktor lingkungan yang sangat berpengaruh khususnya media pembelajaran. Media pembelajaran yang baik sebaiknya digunakan ialah media yang menarik minat peserta didik untuk ikut aktif dalam proses pembelajaran. Melalui media komik peserta didik akan mengaktifkan kemampuan literasinya dan dapat mengembangkannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis pre experimental design dengan jenis one group pre-test-post-test design. Sebelumnya akan memberikan pre-test kepada sampel. Kemudian peneliti melakukan perlakuan. Setelah selesai perlakuan, peneliti memberikan post-test. Peran media komik dilihat dengan membandingkan rata – rata nilai kedua tes. Hasil penelitian didapatkan ada perbedaan kemampuan literasi matematis peserta didik antara pre-test dan post-test dilihat dari Fhitung = 35,925 > Ftabel = 4,0427 dan thitung 13,442 > ttabel = 2,06390 yang berarti bahwa media komik matematika berperan dalam kemampuan literasi matematis peserta didik.