ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS V DALAM MENYELESAIKAN TES LITERASI NUMERASI

Isi Artikel Utama

Ahlul Bae'atun Nisa
Munadi
Ahmadi

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalis kesalahan siwa kelas V dalam menyelesaikan tes literasi numerasi. Instrumen penelitian menggunakan tes literasi numerasi dan wawancara. Tes literasi numerasi yang digunakan merupakan tes dengan materi statistika penyajian data yang memuat indiktor literasi numerasi dan komponen soal asesmen kompetensi minimum (AKM). Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa dengan masing – masing 1 siswa untuk kelompok (kesalahan rendah, kesalahan sedang, dan kesalahan tinggi). Penelitian ini menggunakan teknik analisis berdasarkan Miles dan Hiberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis kesalahan yag digunakan berdasarkan kategori Watson. Hasil penelitian menunjukan bahwa presetase kesalahan tertinggi yang dilakukan siswa adalah kesalahan IP sebanyak 31,4%, sedangkan kesalahan yang terendah adalah kesalahan AO yaitu 0,7%. Adapun persentase kesalahanan yang lain yaitu ID 26,1%, OD 4,9%, OC 18,1%, RLC 7,3%, UM 4,9%, dan SHP 6,6%. Kesalahan ID disebabkan karena siswa tidak memahami soal dan kebingungan saat menentukan data yang diketahui dan ditanyakan. Kesalahan IP disebabkan karena siswa kebingungan saat menentukan rumus dan langkah – langkah penyelesaian soal. Kesalahan OD disebabkan karena siswa tidak teliti saat menuliskan data yang digunakan. Kesalahan OC disebabkan karena siswa tidak memahami bagaimana cara menuliskan kesimpulan. Kesalahan RLC disebabkan karena siswa tidak memahami maksud soal sehingga hanya menebak jawaban yang benar. Kesalahan UM disebabkan karena siswa malas menuliskan cara penyelesaian dan menginginkan jawaban yang simpel. Kesalahan SHP disebabkan karena siswa tidak teliti saat menghitung sehingga hasil yang diperoleh keliru. Kesalahan AO disebabkan karena siswa tidak memahami maksud soal sehigga tidak menuliskan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles