Identifikasi Yang terdapat pada pola anyaman tikar (ale) masyarakat toraja
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep geometri yang terdapat pada anyaman tikar (Ale) masyarakat Toraja. Manfaat penelitian ini yaitu hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan bagi pengembangan pendidikan berbasis budaya, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika di sekolah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah pengrajin anyaman tikar (Ale) di Lembang Buntu Tagari. Peneliti melakukan wawancara dan observasi dalam mengumpulkan data penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konsep geometri yang terdapat pada pola anyaman tikar (Ale) adalah terdapat bangun datar seperti segitiga,persegi, persegi panjang, belahketupat dan segilima; (2) konsep geometri yang selanjutnya terdapat pada pola anyaman tikar ialah geometri transformasi seperti refleksi/pencerminan dan translasi/pergeseran; (3) konsep geometri lainnya yang terdapat pada pola anyaman tikar (Ale) adalah konsep kekongruenan yaitu kekongruenan segitiga dan kekongruenan segiempat. Berdasarkan hasil penelitian disarankan: (1) kepda pendidik untuk menerapkan pembelajaran berbasis etnomatematika sehingga siswa akan mengetahui penerapan secara nyata matematika dalam budaya dan siswa dapat mengenal budaya Indonesia yang beragam,khususnya kerajinan anyaman tikar (Ale); (2) kepada peneliti selanjutnya untuk mengembangkan lebih dalam permasalahan kontekstual agar permasalahan kontekstual mengenai kerajinan anyaman tikar (Ale) lebih beragam.