Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik dalam Penyelesaian Permasalahan Matematika

Main Article Content

Tiara Maylisa Artamevia
Dian Nataria Oktaviani
Ibnu Sina

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih terdapat peserta didik yang belum dapat mengaitkan antar konsep dalam satu topik yang sama ketika pembelajaran matematika. Kemampuan peserta didik dalam mengaitkan materi bangun datar dengan materi lain diluar matematika dan dalam kehidupan sehari-hari juga masih kurang. Masih terdapat beberapa peserta didik yang aktif menjawab pertanyaan hubungan suatu representasi konsep dan prosedur, memahami antar topik matematika, dan mengaplikasikan konsep matematika dalam bidang lain atau dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis peserta didik sekolah dasar pada materi bangun datar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Adapaun langkah penelitian yaitu mendesain penelitian, penentuan lokasi, mempersiapkan instrument penelitian, validasi dan revisi instrumen, uji coba, analisis data, melakukan penyimplan, dan menyajikan data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan koneksi matematis peserta didik sekolah daar tergolong sedang pada materi bangun datar.

Article Details

Section
Articles