Perbedaan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik SMK Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan literasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu True Eksperimental Design tipe Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Multimedia (MM) semester genap di SMK Negeri 1 Dukuhturi tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 103 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MM 3 sebagai kelas eksperimen, kelas X MM 1 sebagai kelas kontrol, dan kelas X MM 2 sebagai kelas uji coba dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi dan tes kemampuan literasi matematis. Berdasarkan perhitungan analisis uji hipotesis menggunakan uji ANAVA dua jalan dengan taraf signifikansi diperoleh yang artinya ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan literasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal.