IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS DI KELAS VIIG SMP N 17 KOTA TEGAL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah yang dilihat dari tingkat disposisi matematisnya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Kota Tegal. Dengan subjek penelitian kelas VII G berjumlah 6 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan purposive sampling.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini adalah angket, tes, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dengan disposisi tinggi pada tes mampu memenuhi tiga indikator yaitu memahami masalah, membuat rencana, dan melaksanakan rencana walaupun masih belum sempurna. Dan untuk kemampuan pemecahan masalah lisan mampu memenuhi semua indikator yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali walau masih kurang dalam memahami sehingga hasil kurang sempurna. Kemampuan pemecahan Masalah Siswa dengan Disposisi Matematis Sedang pada tes mampu memenuhi dua indikator yaitu membuat rencana dan melaksanakan rencana. Dan untuk kemampuan pemecahan masalah lisan mampu memenuhi semua indikator yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali walau hasil kurang sempurna. Kemampuan pemecahan Masalah Siswa dengan Disposisi Matematis Rendah pada tes mampu memenuhi dua indikator yaitu membuat rencana dan melaksanakan rencana walau pun masih belum sempurna. Dan untuk kemampuan pemecahan masalah lisan mampu memenuhi satu indikator yaitu memahami masalah.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis, Soal Materi garis dan sudut.