Rifai, Asrul Hubungan Antusiasme dengan Prestasi Belajar Matematika

Main Article Content

Asrul Rifai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang terjadi antara antusiasme dengan prestasi belajar matematika di MTs Negeri 1 Brebes dalam mengikuti pembelajaran matematika materi persamaan garis lurus. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara antusiasme dengan prestasi belajar matematika kategori kuat. Secara kuantitatif, tingkat antusiasme peserta didik sebesar 44,55% secara rata-rata yang termasuk kategori kurang. Selain itu, pengaruh antusiasme terhadap prestasi adalah 56,22% dan sisanya 43,78% dan sisanya 43,78% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, disarankan pada guru untuk sering memberikan motivasi belajar supaya antusiasme peserta didik meningkat, dan target pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Article Details

Section
Articles