Validitas dan Reliabilitas Angket Kemandirian Belajar Matematika Peserta Didik

Main Article Content

Feli Dinda Anggun Susanti
Ponoharjo
M. Shaefur Rokhman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat instrumen yang dapat mengukur kemandirian belajar matematika peserta didik dengan mengukur tingkat validitas dan reliabilitasnya. Instrumen berupa angket kemandirian belajar matematika peserta didik yang terdiri dari 25 pernyataan (13 pertanyaan positif dan 12 pertanyaan negativ) dengan skala Likert 1 sampai 4. Hasil yang diperoleh yaitu pada perhitungan validitas terdapat 6 pernyataan yang tidak valid. 1 pernyataan pada indikator ketidaktergantungan terhadap orang lain, 1 pernyataan pada indikator memiliki rasa tanggung jawab, 1 pernyataan pada indikator berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri, dan 3 pernyataan pada indikator melakukan kontrol diri. Koefisien reliabilitas instrumen angket kemandirian belajar matematika peserta didik sebesar 0,852 dengan kategori “sangat tinggi”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa 19 pernyataan lainnya dinyatakan valid. Jadi dapat disimpulkan bahwa angket kemandirian belajar matematika ini dapat digunakan kapan dan dimanapun.

Article Details

Section
Articles