Daya Beda dan Tingkat Kesukaran Butir Soal Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Main Article Content

Nikkita Luthfiana
Dr. Munadi
Hj. Isnani., M.Si, M.Pd.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya beda dan tingkat kesukran butir soal tes kemampuan berpikir kreatif. Metode pada penelitian ini metode kuantitatif. Populasi pada penelitian yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Taman. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang berisi 5 butir soal. Pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan penilaian terhadap setiap butir soal tes. Dari hasil penilaian tersebut kemudian ditentukan daya pembeda dan tingkat kesukaran dari tiap butir soal. Dari hasil yang didapat, daya pembeda dari butir-butir soal adalah 4 butir soal jelek, 2 butir soal cukup, dan 4 butir soal baik. Dan dari hasil analisis tingkat kesukaran Butirbutir soal tes kemampuan berpikir kreatif terdapat 4 butir soal sukar, 6 butir soal sedang, dan 0 butir soal mudah.

Article Details

Section
Articles