Validitas dan Reliabilitas Instrumen kesulitan siswa menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar pada kelas XI IPS SMA Swasta

Main Article Content

Rizki Permatasari
Ahmadi
Ponoharjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrument tes kesulitan  siswa kelas XI IPS SMA SWASTA se KOTA TEGAL dalam menyelesaikan soal matematika pada materi turunan fungsi aljabar ditinjau dari kesulitan konsep, kesulitan perhitungan, kesulitan konsep dan perhitungan, serta siswa yang tidak mengalami kesulitan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dedeskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA SWASTA se KOTA TEGAL dengan jumlah 141 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kesulitan siswa  dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar. Instrument es yang digunakan yaitu soal pilihan ganda berjumlah 20 butir soal dengan 4 alternatif jawaban yang merujuk pada kesulitan konsep, kesulitan perhitungan, kesulitan konsep dan perhitungan dan tidak mengalami kesulitan. Hasil pengujian menunjukan 15 butir soal yang valid dengan  lebih dari . Uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Kuder Richardson mendapatkan hasil tinggi dengan nilai koefisien 0,704. Instrument tes dapat digunakan dengan hasil yang tidak berubah-ubah jika digunakan dengan subjek yang berbeda.

Article Details

Section
Articles