Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) didukung media gambar Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Peserta Didik Kelas VIII SMP
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dari model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang didukung media gambar (2) mengetahui hasil belajar siswa tanpa didukung media gambar (3) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD didukung media gambar dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Tarub dengan teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling dan dua kelas secara acak sebagai sampel yaitu 56 siswa, pendekatan kuantitaif dengan teknik true experimental design dan desainnya pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD didukung media gambar baik, sedangkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional tanpa didukung media gambar kurang, dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif STAD dengan konvensional.
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif STAD; Media gambar; Hasil Belajar.