MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI GUMAYUN 02
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan literasi
sekolah dan literasi numerasi pada siswa kelas VI SD Negeri Gumayun 02 melalui model
pembelajaran Blended Learning. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang
berada di SD Negeri Gumayun 02. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi
dengan rancangan posttest contol group design. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan
menggunakan tes literasi sekolah dan tes numerasi. Data dianalisis menggunakan uji statistik
Manova dan dilanjutkan dengan uji efektifitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
Pertama, terdapat peningkatan literasi sekolah siswa kelas VI SD Negeri Gumayun 02 dengan
diimplementasikannya model blended learning (F = 45,543 dengan p < 0,05). Kedua, terdapat
peningkatan literasi numerasi siswa Kelas VI SD Negeri Gumayun 02 dengan
diimplementasikannya model Blended Learning (F= 3, 429 dengan p<0,05). Ketiga, terdapat
peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi secara simultan pada siswa kelas VI SD
Negeri Gumayun 02 dengan diimplementasikannya model blended learning (F= 24.045 dengan
p<0,05).