PERAN MAHASISWA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3 DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI, NUMERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, DAN ADMINISTRASI SEKOLAH Studi Kasus SD Negeri Linggapura 02

Isi Artikel Utama

Finna Adetiya

Abstrak

Pandemi covid 19 turut memberikan dampak yang cukup berarti bagi pendidikan di Indonesia. Mutu
pendidikan di indonesia semakin menurun dikarenakan masalah efektifitas, efisiensi dan
standardisasi pengajaran terutama di era pandemic covid 19. Beberapa permasalahan khusus
penyebab rendahnya tingkat pendidikan di Indonesia antara lain kurangnya pemerataan pendidikan,
rendahnya prestasi siswa, kurangnya kesejahtraan guru, rendahnya kualitas guru, serta terbatasnya
sarana dan prasarana yang ada di sekolah sehingga menghambat proses pembelajaran. Maka dari itu
penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan mutu pendidikan di daerah 3T salah satunya
di SDN Linggapura 02. Tempat penelitian berada di Jawa Tengah Kabupaten Brebes, Kecamatan
Tonjong tepatnya di Desa Linggapura. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah
bahwa : Peserta didik membutuhkan mutu pendidikan yang layak diantaranya guru harus bisa
beradaptasi dengan perkembangan teknologi dalam pembuatan media pembelajaran sehingga bisa
meningkatkan ketertarikan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu,
administrasi yang ada harus tertata dengan baik sehingga memudahkan dalam pendataan dari segi
administrasi. Sarana dan prasarana yang ada di sekolah juga harus ditingkatkan agar tidak
menghambat proses pembelajaran. Hasil penelitian berupa pengembangan mutu pendidikan ada tiga
antara lain (1) Media Pembelajaran; (2) Penguasaan teknologi dan administrasi oleh guru; (3)
Penambahansarana dan prasarana yang ada di sekolah. Rekomendasi penelitian ini adalah bahwa
Pengembangan Mutu Pendidikan di daerah 3 T sangat layak dikembangkan guna menciptakan
generasi penerus bangsa yang berprestasi dan berakhlak mulia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles