Analisis Pembelajaran Online terhadap Minat Belajar Matematika Siswa

Main Article Content

Naufan Indra Kusuma Kusuma

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui deskripsi analisis pembelajaran online terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB tahun pelajaran 2021/2022. Penentuan subjek penelitian untuk wawancara dipilih secara acak 3 siswa dari kelas VIIIA dan 3 siswa dari kelas VIIIB, serta 1 guru pengampu mata pelajaran matematika. Sedangkan responden angket diambil dari seluruh subjek penelitian. Indikator minat belajar yang digunakan yaitu: (1) perasaan senang, (2) ketertarikan, dan (3) keterlibatan siswa. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pembelajaran online menurunkan minat belajar matematika siswa. Dari hasil wawancara menunjukkan bahwa evaluasi perkembangan belajar siswa menunjukkan hasil yang kurang baik. Terdapat dua indikator yang tidak terpenuhi dalam minat belajar yaitu perasaan senang, dan ketertarikan. Ini terlihat dari tanggapan siswa yang tidak senang dengan pembelajaran matematika secara online, dan kurangnya ketertarikan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran online.  Hal ini juga didukung oleh hasil angket minat belajar matematika siswa yang menunjukkan bahwa sebanyak 13 dari 27 siswa (48%) di kelas VIIIA memiliki minat yang sedang dan sebanyak 13 dari 28 siswa (46%) di kelas VIIIB memiliki minat belajar matematika yang sedang.

Article Details

Section
Articles