Keterampilan Proses pada LKPD Etnomatematika Motif Sarung Goyor Pemalang
Main Article Content
Abstract
berbasis etnomatematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi yang bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika pada sarung goyor Pemalang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etnomatematika yang terdapat dalam proses pembuatan sarung goyor yaitu meliputi aktifitas matematika menghitung, mengukur dan mendesain. Sedangkan pada motif sarung goyor terdapat unsur matematika yaitu bangun datar yaitu segi tiga, segi lima, lingkaran, persegi, persegi panjang belah ketupat dan jajar genjang. Sedangkan hasil implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada peserta didik adalah peserta didik memahami konsep matematika pada materi segi banyak dan juga lebih mengetahui budaya disekitar mereka. Keterampilan proses yang dinilai adalah melalui lima indikator yaitu mengamati, mengklasifikasi, menerapkan, pemecahan masalah, mengkomunikasikan hasil.Hal ini di tunjukan pada presentase tertinggi nilai indikator yang tertinggi yaitu pada indikator Pemecahan Masalah di mana peserta didik memerlukan bantuan media gambar, namun peserta didik juga senang dengan tantangan pemecahan masalah, karena peserta didik dituntut untuk berpikir menggunakan kreatifitas mereka.