PENELUSURAN PENYEBAB KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN AKM DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (Pada Peserta Didik Kelas IX SMPN 17 Kota Tegal)

Main Article Content

Nurul Baeti nurul12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal uraian AKM materi tabung peserta didik kelas IX. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil kuesioner ARP,  hasil tes uraian soal AKM materi tabung, dan hasil wawancara. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 6 subjek penelitian dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling.. Berdasarkan hasil analisis data dan wawancara menunjukan bahwa faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan adalah tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan tepat, tidak terbiasa menuliskan ditanya, terburu-buru dan tidak teliti, tidak dapat merencanakan solusi untuk mengerjakan soal, salah dalam menuliskan rumus dengan tepat, tidak menyadari telah melakukan kesalahan operasi hitung, dan tidak melakukan operasi hitung dengan benar, kesalahan yang dilakukan sebelumnya, dan tidak menuliskan satuan dengan tepat. Peserta didik diharapkan memiliki kemampuan tentang satuan luas dan satuan volume, hendaknya membaca berulang-ulang saat mengerjakan soal AKM, belajar secara teratur dan membiasakan diri mengerjakan soal matematika, dan pada saat pembelajaran diharapkan benar-benar memperhatikan apa yang sedang dijelaskan guru. Seorang pendidik hendaknya memberikan soal-soal yang lebih bervariasi, sebelum memulai pembelajaran terkait bangun ruang hendaknya menanyakan peserta didik terkait satuan luas, volume dan perubahan/konversinya.


 

Article Details

Section
Articles