Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Etnomatematika pada Motif Sarung Goyor
Main Article Content
Abstract
Etnomatematika merupakan strategi pembelajaran matematika yang beriringan dengan budaya kearifan lokal setempat. Pembelajaran etnomatematika ini sangat penting untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan aktivitas siswa. Etnomatematika juga dapat digunakan sebagai jembatan penganalan budaya kepada siswa di era global untuk melawan degradasi budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran etnomatematika pada motif sarung goyor yang merupakan produk budaya Desa Wanarejan Pemalang Jawa tengah. Fokus pada penelitian ini yaitu terletak pada sarung goyor yang dijadikan media pembelajaran dalam mata pelajaran matematika mengenai bangun datar pada kelas IV MI Al-Qoryah Wanarejan dan keberhasilan proses pembelajaran serta keaktifan siswa. Metode penelitian menggunakan lembar observasi dengan mengamati aktivitas siswa pada saat pembelajaran dengan menggunakan media sarung goyor dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga kemudian menarik kesimpulan. Setelah dilakukan pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran etnomatematika pada motif sarung goyor berupa konsep geometri bangun datar, sarung goyor dijadikan media pembelajaran mata pelajaran matematika mengenai bangun datar dan mampu meningkatkan pemahaman, keaktifan dan sebagai upaya pengenalan budaya setempat.