EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROYEK MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini untuk menelaah artikel yang berhubungan dengan efektivitas model pembelajaran Project Based Learning guna meningkatkan keterampilan proyek materi kesebangunan dan kekongruenan. Penelitian ini dilakukan untuk membantu peserta didik dalam memecahkan suatu masalah dengan proyek materi kesebangunan dan kekongruenan pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 10 Tegal. Pada metode penelitian menggunakan analisis kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan angket yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t, persentase serta skala likert. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif apabila model pembelajaran Project Based Learning digunakan untuk pembelajaran praktek. Dari hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam memanfaatkan pembelajaran dengan membuat sebuah proyek karena dinyatakan valid oleh pengguna.