Pengaruh Penerapan Teori Hierarki Visual pada Modul Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Matematika

Main Article Content

Fariz Fadila
Paridjo
Ponoharjo

Abstract

Modul pembelajaran dapat digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik terhadap penguasaan suatu materi yang diberikan. Penyusunan modul pembelajaran harus diperhatikan dari segi kesesuaian materi dan desain tata letaknya. Desain tata letak akan mempengaruhi psikologi peserta didik dalam memahami informasi yang disampaikan dalam modul pembelajaran. Teori hierarki visual adalah salah satu teori yang dapat diterapkan untuk memberikan desain tata letak yang lebih baik pada modul pembelajaran. Tujuan dari studi ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pengaruh penerapan teori hierarki vsual pada modul pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Al-Mi’raj Talang Kabupaten Tegal. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil secara keseluruhan dari populasi yang tersedia sebanyak 39 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar matematika yang terdiri dari pretest dan posttest. Data pretest dan posttest dianalisis dengan paired-samples t test yang dilanjutkan dengan uji n-gain score untuk melihat kategori pengaruhnya. Nilai Sig. (2-tailed) dari paired-samples t test sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditetapkan yaitu 0,05. Adapun n-gain score yang dihasilkan sebesar 77,624. Nilai n-gain score tersebut dalam kategori efektif menurut tabel kategori tafsiran n-gain score. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan teori hierarki visual dalam modul pembelajaran berpengaruh dalam kategori efektif terhadap prestasi belajar matematika.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Fariz Fadila, Universitas Pancasakti Tegal

Pendidikan Matematika

Paridjo, Universitas Pancasakti Tegal

Pendidikan Matematika

Ponoharjo, Universitas Pancasakti Tegal

Pendidikan Matematika