Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Audio Poster Untuk Meningkatkan Critical Thinking
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji keefektifan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan audio poster untuk meningkatkan critical thinking peserta didik SMK pada materi polusi dan (2) menentukan perbedaan kemampuan critical thinking peserta didik SMK antara model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan audio poster dengan model contextual teaching and learning (CTL) tanpa berbantuan audio poster. Penelitian ini yaitu jenis penelitian eksperimen, dengan design pretes-postest control group. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X dikelas X OTKP 1 dan X AKL 1 SMK Negeri 1 Dukuhturi. Kelas X OTKP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AKL 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Menggunakan instrumen teknik tes, wawancara, dokumentasi, kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan audio poster secara offline untuk meningkatkan critical thinking peserta didik SMK pada materi materi polusi dalam kategori berhasil efektif dengan nilai ketuntasan klasikal persentase rata-rata sebesar 80,56%. (2) kemampuan critical thinking peserta didik SMK dengan model contextual teaching and learning (CTL) berbantuan audio poster secara offline pada materi polusi terdapat perbedaan yaitu nilai uji t sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05.
Rincian Artikel
Referensi
Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Ennis, Robert H. (2011). "The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities." Sixth International Conference on Thinking, Cambridge,
MA.
Hartanto., C. (2014). No TitlePengembangan Mini Poster Sebagai Media Pembelajaran Fisika Pada Materi Pokok Usaha dan Energi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Menumbuhkan Minat Belajar Siswa SMA. E-Journal, 3(5), 1–6.
Handini, Dea, dkk. (2016). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1 No 1.
Hove, G. (2011). Developing critical thinking skills in the high school English classroom. (Unpublished master’s thesis). University of Wisconsin- Stout, WI. Retrieved from
226
https://tinyurl.com/y7dm8blh
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I (3), 221–225.
Johnson, Elaine B. (2008). CTL (Contextual Teaching & Learning) Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan Dan Bermakna. Jakarta : Kaifa learning.
Mulyasa, H. E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nhat, Ho T dkk. (2018). The development of critical thinking of students in Vietnamese schools: from policies to practices. American Journal of Education Research, Vol. 6, No. 5.
Nosich, Gerald. (2009). Learning To Think Things Through A Guide To Critical Thinking Across The Currirulum, New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Suryandari, Kadarisman, N., & Sudomo, J. (2018). Perbedaan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Yang Berbantuan Media Audio Visual Dan LKS Cetak Sebagai Panduan Percobaan Pada Metode Eksperimen Dengan Pendekatan Verifikasi Kelas XI SMA Negeri 1 Sewon. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 37–40.
Yunita, T., Susongko, P. dan Utami, W.B. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 2(2).