Penggunaan Metode Bermain Peran Berbasis PBL Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMP
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik Kelas VIII E SMP N 4 Petarukan tahun pelajaran 2021/2022 pada materi pernapasan manusia dengan metode Bermain Peran. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar afektif peserta didik Kelas VIII E SMPN 4 Petarukan tahun pelajaran 2021/2022 pada materi pernapasan manusia dengan metode Bermain Peran. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII E di SMP N 4 Penarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak berjumlah 30 peserta didik, yang terdiri dari 14 peserta didik putra dan 16 peserta didik putri. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sikus 1 dan Siklus 2. Data diambil dengan menggunakan lembar tes dan lembar angket. Dibuktikan Rata-rata hasil belajar dari semua siklus telah mengalami peningkatakan pada siklus I dan siklus II. Maka dengan hasil ini target yang ingin dicapai dari peserta didik yang memperoleh nilai ?75 sebanyak 75% dapat dicapai, dengan tingkat ketuntasan 20% menjadi 90% hal ini mengalami peningkatan 70%..
Rincian Artikel
Referensi
Arikunto, Suharsimi, 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dahar, Ratna Wilis. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga, 2011.
Endang Mulyatiningsih. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta : ALFABETA
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas SebagaiPengembangan Profesi Guru. Jakarta:Rajawali Press.
Purwanto, Ngalim. 2018. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi, Bandung: Rernaja Rosdakarya.
Selviana, W. 2013. Pengaruh metode Role Playing terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII Smp Negeri 1 Berbah. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yokyakarta..
Siska,Yulia. 2011 Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Diakses (06 Juli 2013). http://ejournal.upi.edufile4-yulia_siska-edit.pdf
Syaiful Bahri Djamarah. 2013. Stategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.