Analisis Tingkat Literasi Lingkungan Pada Penggunaan Edu-Game Berbantuan Linktree dan Lembar Kerja Peserta Didik

Isi Artikel Utama

Aizah Tifani
Muriani Nur Hayati
Bayu Widiyanto

Abstrak

 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat literasi lingkungan pada kelas yang menggunakan edu-game berbantuan linktree dengan kelas yang menggunakan lembar kerja peserta didik. Serta untuk mengetahui respon siswa pada kelas yang menggunakan  edu-game berbantuan linktree pada materi interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya. Metode penelitian menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas yang menggunakan edu-game berbantuan linktree dan VII C sebagai kelas yang menggunakan lembar kerja peserta didik. Hasil penelitian menunjukan adanya berbedaan tingkat literasi lingkungan pada kelas yang menggunakan edu-game berbantuan linktree diperoleh rata – rata 73% dan kelas yang menggunakan lembar kerja peserta didik diperoleh rata – rata 61%. Serta respon peserta didik pada kelas yang menggunakan edu-game berbantuan linktree diperoleh rata – rata 83%

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Amin, M. S., Permanasari, A., & Setiabudi, A. (2019). The pattern of environmental education practice at schools and its impact to the level of environmental literacy of school-age student. The International Conference Research Collaboration Of Environmental Science. https://doi.org/10.1088/1755-1315/245/1/012029
Asikin, N., Nevrita, & Alpindo, O. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality untuk Guru-Guru IPA Kota Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 1(2), 71–76. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1606
Kayan, A., & Aydin, ?. S. (2020). The Effect of Computer-Assisted Educational Games on Teaching Grammar. World Journal of Education, 10(1), 117. https://doi.org/10.5430/wje.v10n1p117
Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran Ipa Di Sd. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57–64. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255
Maksum, & Athi, F. R. (2022). Studi Literatur?: Penggunaan LKPD Literasi Sains Dalam Pembelajaran Tingkat SMA. Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(1), 84–91.
Nugraha, F., Permanasari, A., & Pursitasari, I. D. (2021). Disparitas Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar di Kota Bogor. 5(1), 15–35. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.17744
Nugraheni, D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inquiri Materi Pengukuran Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Natural (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA), 5(2).
Nunez, M. B., & Clores, M. A. (2017). Environmental literacy of K–10 student completers. International Journal of Environmental & Science Education, 12(5), 1195–1215. http://www.ijese.net/makale_indir/IJESE_1885_article_59676e904ab3f.pdf
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645
Nuzirwan, & Salayan, M. (2021). Pengembangan Materi Ajar Berbasis (ICT) Dengan Memakai Linktree Pada materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMPS Islam Annur Prima Di Masa Pandemi Covid-19. Maju (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 433–447. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/765
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
Rismawati, R., Hayati, M. N., & Widiyanto, B. (2020). Keefektifan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 4(1), 41–45.
Rokhmah, Z., & Fauziah, A. N. M. (2021). Analisis Literasi Lingkungan siswa SMP pada Sekolah berkurikulum Wawasan Lingkungan. Pensa E-Jurnal?: Pendidikan Sains, 9(2), 176–181.
Safitri, W. I., Sutyawati, E., & Yustina. (2020). Environmental LiteracyAnalysis of Junior High School Students in Pekanbaru. Journal of Education Science, 4(1), 116–123.
Santoso, R., Roshayanti, F., & Siswanto, J. (2021). Analisis Litersi Lingkungan Siswa SMP. JPPS ( Jurnal Penelitian Pendidikan Sains ), 10(2), 1976–1982. https://doi.org/https:doi.org/10.26740/jpps.v10n2.p1976-1982
Sekarini, A. P. (2019). Persepsi Peserta Didik dan Guru IPA Terhadap Penggunaan Game Edukasi. EduSains?: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 7(1), 35–40.
Siddiq, M. N., & Supriatno, B. (2020). Pengaruh penerapan problem based learning terhadap literasi lingkungan siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Indonesia Journal Of Biologi Education, 3(1), 18–24.
Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272
Yulianti, V., & Kusumaningrum, D. (2021). Analisis Keterampilan Litersi Lingkungan Siswa SD di Kecamatan Turen Tahun Pelajaran 2019/2020. Primary Educatioan Journal, 1(1), 10–20. https://emea.mitsubishielectric.com/ar/products-solutions/factory-automation/index.html
Zhonggen, Y. (2019). A Meta-Analysis of Use of Serious Games in Education over a Decade. International Journal of Computer Games Technology, 2019(3). https://doi.org/10.1155/2019/4797032