Penggunaan Media Spinning Science dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournament) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa

Main Article Content

Veravigiyanti Veravigiyanti
Yuni Arfiani
M Aji Fatkhurrohman

Abstract




Tujuan dari penelitian ini ialah (1) Mengetahui perbedaan minat belajar siswa antara model pembelajaran TGT dengan media Spinning Science dengan media kuis dengan model pembelajaran TGT dan (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran TGT dengan media Spinning Science dengan media kuis dengan model pembelajaran TGT. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen, dengan quasi experimental design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 19 Tegal. Sampel pada penelitian ini adalah siswa di kelas VII A dan VII C. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan minat belajar anatara siswa yang menggunakan media Spinning Science dengan model pembelajar TGT sebesar 79% masuk dalam kriteria tinggi dengan siswa yang menggunakan media kuis dengan model pembelajaran TGT sebesar 73% masuk dalam kriteria sedang. Dikuatkan lagi dengan hasil uji independent sanple t-test dengan nilai sig 0,01 0< 0,05. (2) terdapat perbedaan hasil belajar anatara siswa yang menggunakan media Spinning Science dengan model pembelajar TGT sebesar dan siswa yang menggunakan media kuis dengan model pembelajaran TGT menghasilkan nilai sig pada uji independent sample t-test sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05.




Article Details

Section
Articles

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Aulyawati, R. A. (2016). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ( Teams Games
Tournament ) Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. 4(3). Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk
Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. 1(2005).
Hikmah, Msy, Yenny Anwar, dan R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Dunia Hewan Kelas X di SMA UNGGUL NEGERI 8 PALEMBANG. 5.
Megawati, Y. D. N., & Sari, A. R. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1).
Panggabean, J. H. (2021). The Effect of Teams Games Tournament ( TGT ) Method on Outcomes Learning and Conceptual Knowledge in Physics Science The Effect of Teams Games Tournament ( TGT ) Method on Outcomes Learning and Conceptual Knowledge in Physics Science. Journal of Physics: Conference Series, 1(1).
Sadiman, S. dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali pers.
Samatowa, U. (2006). Bagaimana membelajarkan IPA di sekolah dasar. PT Pustaka Indonesia Press.
Siskawati, M., Pargito, & Pujiati. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. 4(1).
Supardi, S. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.