Main Article Content

Abstract




Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan model penugasan proyek lingkungan hidup, 2) mengetahui peningkatan literasi saintifik peserta didik melalui penugasan proyek lingkungan hidup, 3) memahami respon dari siswa atas penggunaan proyek lingkungan hidup.
Jenis penelitian yaitu penelitian eskperimen, dengan desain One-Group-Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Tegal tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel kelas VII G dan VII H. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes, angket dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu uji paired sample t-test. Hasil penelitian menyatakan 1) Penugasan proyek lingkungan hidup adalah makalah terkait permasalahan lingkungan yang dikerjakan secara berkelompok, rata – rata dari hasil penilain makalah yaitu 67,9 dengan kategori baik 2) Terdapat peningkatan pada literasi saintifik siswa yang dapat dibuktikan dengan hasil uji paired sample t-test sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. 3) Respon peserta didik terhadap penggunaan asesmen literasi saintifik melalui penugasan proyek lingkungan hidup pada materi pencemaran lingkungan yaitu positif, hal ini ditunjukan dengan presentase tiap indikator angket yang diatas 60%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model penugasan proyek lingkungan hidup di dalam penelitian ini adalah dengan penugasan makalah terkait permasalahan lingkungan yang ada disekitar peserta didik dan di kerjakan secara berkelompok, terdapat perubahan pada kemampuan literasi saintifik siswa setelah diberikan asesmen literasi saintifik dan penggunaanya mendapatkan reaksi yang positif dari para siswa.




Keywords

Literasi Sains Kemampuan Literasi Sains Proyek Lingkungan

Article Details

References

  1. Amin, M. S., Permanasari, A., & Setiabudi, A. (2019). The pattern of environmental education practice at schools and its impact to the level of environmental literacy of school-age student. The International Conference Research Collaboration Of Environmental Science. https://doi.org/10.1088/1755-1315/245/1/012029
  2. Amri, & Tharihk, A. J. (2018). Pengembangan Perangkat Asesmen Pembelajaran Proyek Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(No. 2), 103–112. https://jurnal.um- palembang.ac.id/dikbio/article/view/1283/1095
  3. Arfiani, Y., Hayati, M. N., & Anwar, I. K. (2021). The Implementation of The Pjbl Method Assisted by Padlet on Environmental Pollution Material on Student Science Literature. Journal of Science Education Research, 5(2), 21–27. https://doi.org/10.21831/jser.v5i2.44289
  4. Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
  5. Kayan, A., & Aydin, İ. S. (2020). The Effect of Computer-Assisted Educational Games on
  6. 211
  7. Teaching Grammar. World Journal of Education, 10(1), 117.
  8. https://doi.org/10.5430/wje.v10n1p117
  9. Nugraheni, D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inquiri Materi
  10. Pengukuran Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Natural (Jurnal Ilmiah Pendidikan
  11. IPA), 5(2).
  12. Nunez, M. B., & Clores, M. A. (2017). Environmental literacy of K–10 student completers.
  13. International journal of environmental & Science Education, 12(5), 1195–1215. Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal
  14. Paedagogy, 7(3), 145. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645
  15. OCED. (2018). PISA 2018 for Development Assessment and Analytical Framework. OECD
  16. Publishing. https://www.oecd.org/education/pisa-2018-assessment-and-analytical-
  17. framework-b25efab8-en.htm
  18. Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi
  19. Sains Siswa. In Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) (Vol. 9, Nomor 1, hal.
  20. 34–42).
  21. Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic
  22. Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.
  23. Rismawati, R., Hayati, M. N., & Widiyanto, B. (2020). Keefektifan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Klasifikasi
  24. Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 4(1), 41–45.
  25. Rokhmah, Z., & Fauziah, A. N. M. (2021). Analisis Literasi Lingkungan siswa SMP pada Sekolah berkurikulum Wawasan Lingkungan. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2),
  26. 176–181.
  27. Rosana, M. (2018). Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan yang Berwawasan Lingkungan di
  28. Indonesia. KELOLA: Jurnal Ilmu Sosial, 1(1), 148–163.
  29. Santoso, R., Roshayanti, F., & Siswanto, J. (2021). Analisis Litersi Lingkungan Siswa SMP.
  30. JPPS ( Jurnal Penelitian Pendidikan Sains ), 10(2), 1976–1982.
  31. https://doi.org/https:doi.org/10.26740/jpps.v10n2.p1976-1982
  32. Sekarini, A. P. (2019). Persepsi Peserta Didik dan Guru IPA Terhadap Penggunaan Game
  33. Edukasi. EduSains : Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 7(1), 35–40.
  34. Siddiq, M. N., & Supriatno, B. (2020). Pengaruh penerapan problem based learning terhadap literasi lingkungan siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Indonesia Journal
  35. Of Biologi Education, 3(1), 18–24.
  36. Susongko, P., & Afrizal, T. (2018). The determinant factors analysis of Indonesian students’
  37. environmental awareness in pisa 2015. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 407–419.
  38. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.10684
  39. Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk
  40. Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272
  41. Yulianti, V., & Kusumaningrum, D. (2021). Analisis Keterampilan Litersi Lingkungan Siswa SD di Kecamatan Turen Tahun Pelajaran 2019/2020. Primary Educatioan Journal, 1(1), 10–20.
  42. Zhonggen, Y. (2019). A Meta-Analysis of Use of Serious Games in Education over a Decade. International Journal of Computer Games Technology, 2019(3). https://doi.org/10.1155/2019/4797032