Main Article Content

Abstract

 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat literasi lingkungan pada kelas yang menggunakan edu-game berbantuan linktree dengan kelas yang menggunakan lembar kerja peserta didik. Serta untuk mengetahui respon siswa pada kelas yang menggunakan  edu-game berbantuan linktree pada materi interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya. Metode penelitian menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas yang menggunakan edu-game berbantuan linktree dan VII C sebagai kelas yang menggunakan lembar kerja peserta didik. Hasil penelitian menunjukan adanya berbedaan tingkat literasi lingkungan pada kelas yang menggunakan edu-game berbantuan linktree diperoleh rata – rata 73% dan kelas yang menggunakan lembar kerja peserta didik diperoleh rata – rata 61%. Serta respon peserta didik pada kelas yang menggunakan edu-game berbantuan linktree diperoleh rata – rata 83%

Keywords

Edu-Game Berbantuan Linktree Lembar Kerja Peserta Didik Literasi Lingkungan

Article Details

References

  1. Amin, M. S., Permanasari, A., & Setiabudi, A. (2019). The pattern of environmental education practice at schools and its impact to the level of environmental literacy of school-age student. The International Conference Research Collaboration Of Environmental Science. https://doi.org/10.1088/1755-1315/245/1/012029
  2. Asikin, N., Nevrita, & Alpindo, O. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality untuk Guru-Guru IPA Kota Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 1(2), 71–76. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1606
  3. Kayan, A., & Aydin, İ. S. (2020). The Effect of Computer-Assisted Educational Games on Teaching Grammar. World Journal of Education, 10(1), 117. https://doi.org/10.5430/wje.v10n1p117
  4. Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran Ipa Di Sd. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57–64. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255
  5. Maksum, & Athi, F. R. (2022). Studi Literatur : Penggunaan LKPD Literasi Sains Dalam Pembelajaran Tingkat SMA. Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(1), 84–91.
  6. Nugraha, F., Permanasari, A., & Pursitasari, I. D. (2021). Disparitas Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar di Kota Bogor. 5(1), 15–35. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.17744
  7. Nugraheni, D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inquiri Materi Pengukuran Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Natural (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA), 5(2).
  8. Nunez, M. B., & Clores, M. A. (2017). Environmental literacy of K–10 student completers. International Journal of Environmental & Science Education, 12(5), 1195–1215. http://www.ijese.net/makale_indir/IJESE_1885_article_59676e904ab3f.pdf
  9. Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645
  10. Nuzirwan, & Salayan, M. (2021). Pengembangan Materi Ajar Berbasis (ICT) Dengan Memakai Linktree Pada materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMPS Islam Annur Prima Di Masa Pandemi Covid-19. Maju (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 433–447. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/765
  11. Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
  12. Rismawati, R., Hayati, M. N., & Widiyanto, B. (2020). Keefektifan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 4(1), 41–45.
  13. Rokhmah, Z., & Fauziah, A. N. M. (2021). Analisis Literasi Lingkungan siswa SMP pada Sekolah berkurikulum Wawasan Lingkungan. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 176–181.
  14. Safitri, W. I., Sutyawati, E., & Yustina. (2020). Environmental LiteracyAnalysis of Junior High School Students in Pekanbaru. Journal of Education Science, 4(1), 116–123.
  15. Santoso, R., Roshayanti, F., & Siswanto, J. (2021). Analisis Litersi Lingkungan Siswa SMP. JPPS ( Jurnal Penelitian Pendidikan Sains ), 10(2), 1976–1982. https://doi.org/https:doi.org/10.26740/jpps.v10n2.p1976-1982
  16. Sekarini, A. P. (2019). Persepsi Peserta Didik dan Guru IPA Terhadap Penggunaan Game Edukasi. EduSains : Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 7(1), 35–40.
  17. Siddiq, M. N., & Supriatno, B. (2020). Pengaruh penerapan problem based learning terhadap literasi lingkungan siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Indonesia Journal Of Biologi Education, 3(1), 18–24.
  18. Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272
  19. Yulianti, V., & Kusumaningrum, D. (2021). Analisis Keterampilan Litersi Lingkungan Siswa SD di Kecamatan Turen Tahun Pelajaran 2019/2020. Primary Educatioan Journal, 1(1), 10–20. https://emea.mitsubishielectric.com/ar/products-solutions/factory-automation/index.html
  20. Zhonggen, Y. (2019). A Meta-Analysis of Use of Serious Games in Education over a Decade. International Journal of Computer Games Technology, 2019(3). https://doi.org/10.1155/2019/4797032