PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MODEL CIRC BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PADA MATERI TEKS TANGGAPAN
Main Article Content
Abstract
Best practice ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan model CIRC (Critical thinking, Communication, Creative, and Collaboration) berbantuan media puzzle pada materi teks tanggapan. Best practice ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Brebes pada kelas VII A yang berjumlah 32 orang. Data yang digunakan berupa hasil kerja kelompok pada LKPD struktur teks tanggapan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Setelah data diperoleh, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil best practice menunjukkan bahwa terdapat perubahan pada kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran CIRC berbantuan media puzzle pada materi teks tanggapan. Perubahan tersebut dilihat dari hasil menganalisis struktur dan kebahasaan teks tanggapan pada LKPD, diskusi kelas, dan kunjung karya. Berdasarkan LKPD, peserta didik mampu menganalisis teks tanggapan dengan tepat disertai dengan alasan serta kutipan teks. Kemampuan berpikir kritis juga terlihat ketika proses diskusi kelas. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan melakukan tanya jawab dengan kelompok lain. Selanjutnya pada kegiatan kunjung karya peserta didik mampu menilai hasil diskusi kelompok lain dengan memberikan komentar yang logis. Melalui hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model CIRC dengan bantuan media puzzle dapat meningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Brebes.