IMPLEMENTASI CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) PADA MATERI STATISKA DALAM MEMBANGUN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Tujuan pelaksanaan best practices ini peserta didik mampu menyelesaikan persoalan mengenai materi statistika dengan mengaitkan pada kebudayaan Tegal sehingga partisipasi dalam pembelajaran dapat terwujud dengan baik. Pada zaman yang mulai berkembang dengan penggunakan tekhnologi yang semakin massif membuat peserta didik terkadang lupa akan kebudayaan yang mereka punya, oleh karenanya diterapkan pendekatan Culturally Responsive Teaching pada materi pemusatan data (mean,median dan modus). Pelaksanaan kegiatan best practices ini diawali dengan melakukan observasi latar belakang dan karakteristik peserta didik di kelas VIII B, kemudian menyusun rencana pelaksanan dan penerapan di dalam kelas secara langsung. Penggunaan Culturally Responsive Teaching dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik ikut serta secara aktif dalam pembelajaran, pada materi statistika peserta didik rata- rata mendapatkan nilai 75 untuk keaktifan selama mengikuti sesi pembelajaran di kelas.