Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Kebhinekaan Kelas X Di SMK Peristek Pangkah

Main Article Content

Arbi Johari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan video pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila, yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran pada kelas X SMK Peristek Pangkah. Uji ahli media persentase tingkat pencapaian 87% berada pada kualifikasi baik. Uji ahli materi mendapatkan persentase tingkat pencapaian 91% berada pada kualifikasi sangat baik. Uji skala kecil oleh siswa mendapatkan hasil Rerata presentase media video pembelajaran sebesar 90,5% berada pada kualifikasi sangat baik. Uuji skala besar oleh siswa mendapatkan hasil Rerata presentase media video pembelajaran sebesar 89,6% berada pada kualifikasi baik dan tanggapan guru mata pelajaran mendapatkan hasil persentase tingkat pencapaian 90% berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan media tersebut maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMK Peristek Pangkah

Article Details

Section
Articles

References

Abdul Gafur. (1986) . Disain Instruksional. Solo: Tiga Serangkai
Agung, Leo, Nunuk Suryani. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Alessi & Trollip. Stephen M. Alessi & Stanley R. Trollip. (2001). Multimedia for Learning Method And Development. Massachusetts: Alin and Bacon.
Arief S. Sadiman, dkk. (2006). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Azhar Arsyad. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Cheppy Riyana. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) No. 20 Tahun 2003 pasal 15. Jakarta : Depdiknas.
Dewantara, Ki Hajar. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.
Moh. Ayip S. (2003). Efektivitss Penggunaan Media Video Animasi dalam Proses Pembelajaran Fisika. Skripsi Upi Bandung. Tidak diterbitkan.