Pengaruh Kompetensi Literasi Dan Numerasi, Kompetensi Pedagogik, Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Keuangan Lembaga SMK NU 1 Slawi

Main Article Content

Adelia Herlina Febrianti
Dewi Apriani
Beni Habibi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya (1) Pengaruh kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar pada siswa kelas X Akuntansi Lembaga Keuangan SMK NU 1 Slawi, Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X Akuntansi Lembaga Keuangan SMK NU 1 Slawi yang berjumlah 97 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 48 siswa.. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan hasil bahwa (1) Kompetensi Pedagogik berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi Lembaga Keuangan SMK NU 1 Slawi sebesar 59,1% (2) Kompetensi Literasi dan Numerasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi Lembaga Keuangan SMK NU 1 Slawi sebesar 70,0%. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik, kompetensi literasi dan numerasi berpengaruh terhadap hasil belajar pada siswa kelas X Akuntansi Lembaga Keuangan SMK NU 1 Slawi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi serta masukan bagi lembaga-lembaga atau pihak sekolah agar dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru, meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi guru, agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara baik dan maksimal.

Article Details

Section
Articles

References

Deassy Endang Suwarni, Muhammad Farid Maaruf. 2018. “Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Penyerapan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Di Kota Surabaya.” UNESA 6(5).
Ekowati, Dyah Worowirastri et all. 2019. “Literasi Numerasi” ELSE (Element School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3(1):93.
Habibi, Beni. 2013. “Budaya Organisasi, Kompensasi, Dan Kompetensi Pedagogik Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru.” Cakrawala: Jurnal Pendidikan 7(1): 11–17.
Mulyasa. 2018. Manajement Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Novian Widiyati, Mulyadi, Hari Purnomo Susanto. 2023. “Pengaruh Konsentrasi Belajar Dan Literasi Numerasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI TKJ SMK.” Pendidikan Matematika, 4(1): 31–38.
Wahyuningsih. 2021. “Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar.” Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar 1: 22. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/.