Pengaruh Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik

Main Article Content

Rahma Nabilla
Elenora Elenora
Dian Nataria Oktaviani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester 2 di SMA Negeri 5 Tegal Tahun Ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 321 peserta didik. Dari populasi tersebut diambil sempel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X5 dan X7 sebagai sempel pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket. Analisis data pada peneltian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat pada penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis pada penelitian adalah regresi sederhana dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi belajar pesera didik terlihat dari  dan nilai signifikansinya 0,00000 yang berarti nilai signifikansi f <.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Citra
Budiarto, Dian. 2015, Pengaruh Fasilitas Belajar Disekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal PGSD Universitas Negeri Semarang hal 7,
Darsono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Press.
Dewi, S. C. (2015). Implementasi Model PBL dengan Pendekatan Realistik Berbantuan Edmodo untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa Kelas VII (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang.
Dwiyogo, Wasis. 2018, Pembelajaran Berbasis Blended Learning.Depok: Rajawali Pers.
Firdaus, M. I. 2020. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Gugus Diponegoro Kecamatan Bandar Kabupaten Batang (Doctoral dissertation, UNNES).
Halim, S. N. H., & Rahma, R. (2020). Pengaruh lingkungan belajar, motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(2), 102-109.
Hamdini. (2011) Strategi Belajar Mengaajar. Bandung: Pustaka Setia
Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41-47.
Ma, S. 2015. Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar negeri se-daerah binaan II Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Nindia, Maslutfi Arsani, Kritiana Wijayanti, & Edy Soedjoko. 2018. The Matematical Representation Ability and studets self Regulated Learning of 8th Grade In Problem-Based Leaning Metod With Realistic Approach. Unnes Journal of Mathematisc Education, 7(1)hal 4.
Ningtiyas, P. W., & Surjanti, J. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1660-1668.
Ponoharjo. 2017, Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal
Rahmah.N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 1(2). 1-10
Rahmawati, D. 2016. Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa SD Negeri Purwoyoso 06 Semarang, (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Rosmalinda, Nana, Ali Syahbana, and Tika Dwi Nopriyanti. 2021. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe Pisa.” Transformasi?: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 5(1): 483–96.
Rosyid, Zaiful. 2020, Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara
Samsudin, E. (2019). Pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA siswa (survey pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kecamatan Telagasari–Karawang). Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 14(1).
Selimayati, S., Asrori, M., & Halidjah, S. (2021). Hubungan Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(2), 585-592.
Sugiyono. 2013, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susongko, Purwo. 2017, Penilaian Hasil Belajar. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal