Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Bimbingan Kelompok Berbasis Experiential Learning Di SDLB Negeri Slawi Tahun Pelajaran 2023/2024
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui keterampilan sosial anak tunagrahita ringan sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis experiential learning, dan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan keterampilan sosial anak berkebutuhan khusus melalui bimbingan kelompok berbasis experiential learning di SDLB Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian pre-experimental design. Populasi penelitian 16 anak. Alat pengumpulan data berupa: kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase dan Statistik Uji-t (pre-test and post-test one group). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan sosial anak tunagrahita ringan sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis experiential learning mayoritas memiliki keterampilan sosial dalam kategori sedang (87,50%), tingkat keterampilan sosial anak tunagrahita ringan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis experiential learning mayoritas memiliki keterampilan sosial dalam kategori tinggi (93,75%). Hasil uji paired samples test, diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan sosial anak berkebutuhan khusus melalui bimbingan kelompok berbasis experiential learning di SDLB Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024.
Article Details
References
Alpian, Yayan & Mulyani, Ranti. 2020. “Hubungan Keterampilan Sosial dengan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 6, No. 1, Januari 2020:40-47. DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1832.
Apriyanto, Nunung. 2012. Seluk-Beluk Tunagrahita & Strategi Pembelajarannya. Yogjakarta: Javalitera.
Arifin, Bambang Syamsul. 2015. Dinamika Kelompok. Bandung: Pustaka Setia.
Bhakti, Caraka Putra; Safitri, Nindiya Eka; dan Ghiffari, Muhammad Alfarizqi Nizamuddin. 2016. “Pemanfaatan Metode Experiential Learning dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Critikal Thinking Skills”. Prosiding Seminar Nasional Jurusan BK UNESA, Surabaya, 28 Mei 2016.
Fathurrohman, Muhammad. 2017. Belajar & Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi, dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.
Garnida, Dadang. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: Refika Aditama.
Geniofam. 2010. Mengasuh & Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus, Yogjakarta: Gerai Ilmu.
Hartinah, Sitti. 2017. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.
Herimanto, Winarno, 2014. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ilahi, Mohammad Taqdir. 2016. Pendidikan Inklusif Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Katoro, Aindha Vegalaras & Hertinjung, Wisnu Sri. 2020. “Perbedaan Keterampilan Sosial Ditinjau dari Sistem Pendidikan”. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 5, No. 1. 2020:35-43. doi: https://doi.org/10.23917/ indigenous.v5i1.6841.
Kosasih, Engkos. 2012. Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mangungsong, Frieda. 2011. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: LPSP3.
Mirnawati. 2019. Anak Berkebutuhan Khusus “Hambatan Majemuk”. Yogyakarta: Budi Utama.
Nur’aeni, 2013. Intervensi Dini Bagi Anak Bermasalah. Jakarta: Rineka Cipta.
Perdani, Putri Admi. 2014. “Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional”. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 8, No. 1, 2014:129-136.
Prayitno. 2012. Psikologi Pendidikan (Sebuah orientasi baru). Ciputat: GaungPersada Press.
Prayitno. 2017. Konseling Profesional yang Berhasil. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rachmah, Huriah. 2018. Berpikir Sosial & Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Silberman, Mel. 2014. Handbook of Experiential Learning Experiential Learning: Strategi Pembelajaran dari Dunia Nyata. Bandung: Nusa Media.
Somantri, Sutjihati. 2012. Psikologi Anak Luar Biasa, Bandung: Refika Aditama.
Sudjana, Nana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sunarto, Agung & Hartono, Agung. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenada Media Group.
Suyono & Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosydakarya.
Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Intergasi). Jakarta: Raja Grafindo.
Wardani, I.G.A.K.; Tarsidi, Didi; Hernawati, Tati; dan Astati. 2013. Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.