Implementasi Konseling Kelompok Teknik Self Management Dalam Mereduksi Prokrastinasi Peserta Didik Kelas VIII MTs Nu 01 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023

Main Article Content

Nurkholik Majid
Sitti Hartinah
Suriswo Suriswo

Abstract

Penelitian ini dilatar belangkangi adanya siswa yang mengalami prokrastinasi. Permasalahan ini ditandai dengan adanya penundaan tugas akademik yang memilih melakukan kegiatan lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1. Untuk mengetahui peserta didik sebelum diberi layanan konseling kelompok teknik self management 2. Untuk mengetahui peserta didik sesudah diberi layanan konseling kelompok teknik self management 3. Untuk mengetahui implementasi layanan konseling kelompok teknik self management dapat mereduksi perilaku prokrastinasi akademik. Pendekakatan pada penelitian ini menggunakan kuantitatif  jenis eksperimen. Populasi  84 peserta didik  dan teknik  pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan  bahwa : 1. Sebelum ada pelaksanaan layanan konseling kelompok  dengan teknik self management, rata-rata tingkat prokrastinasi berada pada tingkat tinggi  dengan jumlah rata-rata 132.75. 2. Sesudah ada pelaksanaan layanan konseling kelompok  dengan teknik self management, rata-rata tingkat prokrastinasi berada pada tingkat sedang  jumlah rata-rata 74.88 3. Dari hasil uji paired sample-test diperoleh sig.(2-tailed) sebesar  0,000<0,05 yang berarti hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yang berarti layanan konseling kelompok teknik self management  dapat mereduksi prokrastinasi pada siswa VIII MTs NU 01 Kramat, Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023.

Article Details

Section
Articles

References

Marda, Sonia, Sunawan, and Kusnarto Kurniawan. 2019. "Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dan Self Regulated Learning untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik." journal unnes 61-66.
Rukminingsih, Adnan Gunawan, and Adanan, Mohammad Latief. 2020. Moetode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Penelitan Kualitaitf, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka.
Saftari, Maya, and Nurul Fariah. 2019. "Penilaian Ranah Efektif Dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai Hasil Belajar." Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan Vol 7 No 1 71-81.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta